Powered By Blogger

Senin, 07 Februari 2011

Beberapa Kelemahan Komputer Laptop

Kini, penggunaan komputer laptop semakin meluas. Hampir semua kalangan yang membutuhkan komputer lebih memilih menggunakan komputer laptop. Selain portabel atau bisa dibawa ke mana-mana, bentuk laptop lebih trendi, ringan, dan kecil, tidak memakan tempat seperti komputer desktop. Walapun lebih kecil, kemampuan komputasi laptop tidak kalah dengan desktop.
Banyak kelebihan yang dibawa oleh komputer laptop. Namun demikian, kelebihan biasanya datang dengan sejumlah kelemahan. Kelemahan komputer laptop bisa disebutkan sebagai berikut.
Laptop Harganya Lebih Mahal
Dengan kemampuan komputasi yang sama, laptop lebih mahal daripada desktop. Hal ini berkaitan dengan desain komputer laptop yang kecil dan ringan yang mengharuskan komponen-komponen di dalamnya juga harus kecil.
Penanaman komponen di dalam laptop menyebabkan ruang di dalamnya sangat padat dan menyebabkan masalah pada ventilasi. Hal ini memaksa produsen untuk membuat komponen yang  bersuhu rendah agar tidak cepat panas.  Spesialisasi komponen-komponen seperti itulah yang membuat laptop jadi lebih mahal.
Sulit Upgrade
Kelemahan komputer jenis laptop juga ada pada kesulitannya untuk di-upgrade. Berbeda dengan desktop yang biasanya menyediakan banyak slot ekspansi atau konfigurasi yang mengakomodasi kemungkinan adanya teknologi baru, komputer laptop tidaklah demikian.
Para pembuat laptop tidak bisa menyediakannya karena ketatnya aturan desain. Kita akan kesulitan jika akan melakukan upgrade karena desain laptop yang padat dan terpadu. Untuk penambahan drive dan RAM mungkin bisa dilakukan, tapi sangat susah  jika ingin mengganti CPU atau motherboard.
Untuk meng-upgrade laptop diperlukan alat khusus dan harus dilakukan oleh tenaga profesioanal. Beberapa sofware bisa tidak kompatibel dengan hardware laptop, dan instalasi sistem operasi yang berbeda dapat mengakibatkan kegagalan hardware. Pada umumnya, kelemahan komputer laptop tersebut yang paling merepotkan.
Kerugian Portabilitas
Laptop yang bisa dibawa ke mana-mana tanpa harus tersambung dengan sumber energi dari luar merupakan sebuah keunggulan. Anda bisa memakai laptop di sebuah taman sambil bersantai, di sebuah ruang kelas, atau meja meeting untuk presentasi. Namun, bukan berarti portabilitas tersebut tidak mengundang kelemahan.
Jika Anda membawa laptop dalam aktivitas keseharian, sangat mungkin laptop untuk cepat rusak. Ketika laptop dibawa, ia bisa terbentur dengan benda lain atau malah dicuri orang di jalan. Jika laptop rusak, ia akan sulit diperbaiki dan membutuhkan biaya yang mahal.
Nah, dengan mengetahui kelemahan komputer laptop, Anda bisa berpikir ulang untuk membeli komputer desktop atau laptop. Tapi bila pilihan tetap pada laptop, informasi di atas akan menjadikan Anda lebih hati-hati dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar